Laman

Resiko Bisnis Makanan Cepat Saji




Resiko bisnis makanan cepat saji 


I.     Latar Belakang
            Makanan cepat saji adalah makanan yang dapat disiapkan atau dilayankan dengan cepat. Karena itu tidak heran mengapa banyak masyarakat yang menggeluti bisnis makanan cepat saji ini. Peluang usaha makanan cepat saji yang semakin berkembang dalam bidang bisnis dan usaha masyarakat Indonesia. Memang membuat beragam konsep usaha makanan cepat saji bermunculan dan bersaing dalam pasar Indonesia. Hal ini sudah telihat dan menjadi salah satu dinamika pasar dalam mencari peluang usahanya. Keadaan yang terjadi ini tidak bisa dipungkiri karena permintaan yang begitu besar bagi kebutuhan akan produk tersebut. Dalam hal ini salah satunya adalah produk makanan ayam goreng.
             
           Produk kuliner makanan ayam goreng memang menjadi andalan beberapa pelaku usaha selama ini. Karena besarnya permintaan akibat keinginan masyarakat yang tinggi untuk mengkonsumsi makanan tersebut. Akan tetapin, selain menawarkan keuntungan yang besar, usaha ini juga memiliki beberapa resiko. Meskipun bisnis dibidang ini digolongkan bisnis kecil dan hanya membutuhkan modal yang relatif kecil. Tetapi tidak jarang pelaku usaha yang mencoba untuk menggeluti bisnis ini mengalami kegagalan. Hal itu disebabkan karena kekurang tauan pelaku usaha terhadap resiko-resiko dalam bisnis ini. berkaitan dengan hal itu, dalam makalah kali ini penulis akan membahas tentang resiko-resiko bisnis makanan cepat saji ? Dan juga cara penanggulangan resiko tersebut.

II.      Rumusan masalah
1.    Pengertian resiko
2.    Resiko bisnis makanan cepat saji
3.    Penanggulangan resiko bisnis makanan cepat saji
`          
 III.           Pembahasan
1.    Pengertian resiko
      Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar kata “Resiko” dan sudah biasa dipakai dalam percakapan sehari-hari oleh kebanyakan orang. Resiko  merupakan bagian dari kehidupan kerja individual maupun organisasi.  Berbagai macam resiko, seperti resiko kebakaran, tertabrak kendaraan lain di jalan, resiko terkena banjir di musim hujan dan sebagainya, dapat menyebabkan kita menanggung kerugian jika resiko-resiko tersebut tidak kita antisipasi dari awal.  Resiko dikaitkan dengan kemungkinan kejadian atau keadaan yang dapat mengancam pencapaian tujuan dan sasaran organisasi. Sebagaimana kita pahami dan sepakati bersama bahwa tujuan perusahaan adalah membangun dan memperluas keuntungan kompetitif organisasi.

            Secara umum resiko dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang dihadapi seseorang atau perusahaan di mana terdapat kemungkinan yang merugikan.  Bagaimana jika kemungkinan yang dihadapi dapat memberikan keuntungan yang sangat besar, dan walaupun mengalami kerugian sangat kecil sekali.  Misalnya membeli lotere.  Jika beruntung maka akan mendapat hadiah yang sangat besar, tetapi jika tidak beruntung uang yang digunakan membeli lotere relatif kecil.  Apakah ini juga tergolong resiko?  Jawabannya adalah hal ini juga tergolong resiko.  Selama mengalami kerugian walau sekecil apapun hal itu dianggap resiko.

2.    Resiko bisnis makanan cepat saji
                        Dalam melaksanakan setiap usaha tidak akan terlepas dari sebuah resiko. Seperti hal nya usaha makanan cepat saji. Disini penulis mencoba untuk mengidentifikasi dan memaparkan apa saja resiko bisnis makanan cepat saji.
1.    Resiko produksi
                        Usaha makanan cepat saji merupakan usaha yang ditandai varibialitas hasil produksi yang tinggi atau resiko yang tinggi. Mengapa ? karena bahan baku yang digunakan dalam usaha ini adalah bahan baku yang bersifat mudah rusak. Misalnya ayam, bila stok ini tidak terjual habis maka akan membuat kerugian. Ayam tersebut tidak dapat digunakan lagi untuk bahan baku besok. Karena ayam bersifat mudah rusak atau busuk.
Berkaitan dengan resiko produksi, hal hal yang memperngaruhi dari sebuah produski yaitu digolongkan sebagai berikut :
·         Sumber daya manusia
·         Peralatan dari sebuah proses produksi
·         Lokasi dari prosess produksi
·         Bahan baku
·         Distribusi

           
2.    Resiko harga atau resiko pasar
                        Persaingan usaha yang ketat, menyebabkan pelaku usaha harus bersiap untuk menghadapi resiko harga. Jika pesaing menurunkan harga, maka pelaku usaha juga harus menurunkan harga, agar bisa menarik konsumen dan menjaga pasar tetap stabil. Akibat ini akan berpengaruh pada pendapatan pelaku usaha. Bukan tidak mungkin hal ini akan menyebabkan kerugian pada pelaku usaha makanan cepat saji ini.
           
3.    Resiko keuangan atau kredit
                              Cara sebuah bisnis dalam membiayai kegiatan bisnisnya merupakan hal
             yang sering menjadi persoalan dalam sebuah bisnis. Sering kali hal ini justru menjadi  
             kendala besar yang dihadapi pelaku usaha.

            4.Resiko kelembagaan
                        Sumber penting lain dalam bisnis ini adalah kelembagaan. Hal inilah yang mungkin sering dianggap sepele oleh pelaku usaha. Padahal ini sangat berisko untuk kemajuan usaha tersebut. Jika sektor kelembagaannya tidak teratur maka usaha tersebut sulit untuk berkembang. Pelaku usaha harus menata kelembagaan usahanya dengan tepat.

3.    Penanggulangan resiko bisnis makanan cepat saji
      Usaha makanan cepat saji memang banyak mengandung resiko. Akan tetapi bila pelaku usaha telah melakukan persiapan terlebih dahulu maka resiko tersebut bisa sedikit diminimalkan. Caranya adalah dengan melakukan riset bisnis terlebih dahulu. Dengan melakukan riset bisnis, pelaku usaha akan mengetahui apakah bisnis tersebut layak untuk dijalankan atau tidak. Selain itu pelaku usaha juga dapat mengetahui siapa saja pesaing dari usaha tersebut dan apa yang harus dilakukan bila resiko harga terjadi.
     
      Disisi lain, pelaku usaha juga harus mengelola kelembagaan usaha dengan benar. Mulai dari karyawan, pegawai dan semua pihak yang terkait dalam usaha tersebut.

IV.          Penutup
            Demikian makalah ini kami buat, kami menyadari masih banyak kekurangan dalam tulisan maupun dari referensi yang diperlukan, untuk itu kami harap kritik dan saran yang bisa membangun demi kesempurnaan makalah ini.semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semuanya.

Daftar Pustaka
Ahira, Anne. Manajemen Resiko. 2012. http://www.anneahira.com/manajemen-resiko.htm
Darmawi, Herman. Manajemen Risiko. Bumi Aksara, 2005.

Oleh : 
        - Yogi Pramadani
        - Candra Sri hartanto
        - Fennie oktavirsa

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

aplikasi android mengatakan...

terimakasih telah berbagi ilmu seputar bisnis kuliner, menarik dan bermanfaat...
Aplikasi Kasir Restoran Gratis

Anonim mengatakan...

Best videos on YouTube - Videodl.cc
Vadukh Muhurat, R.C. V.R., a pro journalist, has written two of the most popular videos youtube downloader on YouTube. Vadukh Muhurat, R.C. V.R., is a professional journalist and journalist

Posting Komentar